Sabtu, 27 Juli 2013

Mekanisme Pikiran Manusia dan Bagaimana Memberdayakannya

   

     Kita tahu bersama bahwa pikiran manusia adalah pusat dari segala tindakan yang dilakukannya bahkan sebelum seseorang tersebut melakukannya pikiranlah yang merancang apa yang akan dia lakukan. Pikiran adalah anugrah Tuhan sang pencipta pada manusia yang merupakan ciptaanNyag paling sempurna dimuka bumi ini diantara mahlukNya yang lain.  Seseorang bisa tertarik pada sesuatu benda atau pada orang lain ialah karena hasil kerja pikiran itu sendiri. Mengapa bisa demikian? Hal inilah yang menjadi bahasan yang menarik bagi siapa saja yang ingin memahami cara kerja pikiran dan tindakan manusia.

# Pikiran Sadar Dan Pikiran Bawah Sadar dan Mekanismenya

    Piece of Mind , sebuah buku yang bagus karangan Dr. Sandy Mc Gregor mengatakan bahwa pikiran manusia dibedakan menjadi dua bagian yakni pikiran sadar ( Conscious Mind) dan Pikiran Bawah sadar (Unconscious Mind). Kedua pola pikir kesadaran manusia ini memiliki fungsi yang berbeda-beda namun demikian diantara satu sama lain saling berhubungan dan bekerja sama.

     Pikiran Sadar berhubungan dengan logika kita, nalar, bersifat analitis, sesuai akal sehat dan menyangkut bahasa, argumentasi dan perhitungan matematis. Fungsi pikiran sadar mengidentifikasi informasi yang masuk, kemudian membadingkan, menganalisa dan memutuskan tindakan yang akan diambil. Contoh sederhananya adalah ketika anda anda membaca tulisan saya saat ini, membaca buku,  berita, mengenakan baju yang kita senangi, mengundang teman di facebook atau invite teman bbm …tentunya kita memiliki pertimbangan memilih siapa yang layak kita follow atau add heheheh….iya kan?. Disinilah peran pikiran sadar memutuskan pilihan-pilihan yang kita inginkan sebelum diputuskan dipertimbangkan terlebih dahulu.

     Sedangkan pikiran bawah sadar (unconscious mind) merupakan bagian pikiran yang bersifat otomatis, berfungsi sebagai bank of memori (menyimpan memori jangka panjang), belief, emosi kita, kebiasaaan, intuisi, berhubungan dengan kreativitas dan kepribadian seseorang. Pengalaman dimasa lalu simpan dalam data memori  kita dan  tidak pernah hilang, data tersebut tetap tersimpan di memori kita sampai kapan pun, inilah salah satu karunia yang luar biasa dari Tuhan kepada kita.
Pikiran bawah sadar hanya menerima informasi dari pikiran sadar tanpa menganalisis, mempertimbangkan dan hanya meresponnya secara otomatis. Dalam hal ini, sebelum informasi masuk ke pikiran bawah sadar, informasi tersebut  diterima oleh panca indra kita kemudian  dianalisis oleh pikiran sadar. Bilamana informasi tersebut dianggap benar dan sesuai maka akan diteruskan ke pikiran bawah sadar. Namun sebaliknya bilamana informasi tersebut dianggap salah (tidak sesuai) maka informasi itu tidak dilanjutkan ke pikiran bawah sadar.

# Critical Area / RAS ( Reticular Activating System)

    Hal yang menarik adalah diantara pikiran sadar dan bawah sadar terdapat area yang disebut Critacal Area atau literature lain mengatakan RAS ( Reticular Activating System) . Pada area inilah informasi dipertimbangkan, dianalisis sesuai logika dan bersifat etis. Crictical Area atau RAS bertugas sebagai gerbang sebelum informasi sampai ke pikiran bawah sadar. Luar biasanya Critacal Area ini memiliki keaktifan berbeda-beda untuk setiap situasi dan kondisi tergantung dari fokus, minat dan emosi seseorang.
Lebih jauh menurut Sandy Mc Gregor  mengatakan bahwa pola kesadaran pikiran manusia memiliki pengaruh dan peran dalam kehidupan seseorang. Pikiran bawah sadar manusia memegang peranan yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan pikran sadar. Pikiran sadar hanya memiliki pengaruh sebesar 12 % dalam kehidupan seseorang  sedangkan  pikiran bawah sadar memiliki peran yang signifikan sebesar 88 %.  Bila anda pernah menonton film Titanic yang menabrak karang es (Gunung Es) perumpamaan inilah  yang diambil para ahli psikologi, yang  bisa menjelaskan fenomena pikiran sadar dan bawah sadar. Pada permukaan (diatas) tampak kecil namun pada bagian dibawah jauh lebih besar, sehingga fenomena ini dsebut sebagai fenomena ‘gunung es”.

    Pikiran Bawah Sadar memiliki karakteristik yang unik antara lain apa yang dipikirkan cenderung dipenuhi, selalu positif, tidak bisa membedakan antara nyata dan imajiner, setiap pemikiran berpengaruh pada tubuh (fisik) dan tidak bisa membedakan benar atau salah . Pengaruh pikiran bawah sadar ini bisa kita lihat dalam proses aktivitas atau kegiatan yang dilakukan seseorang. Ketika seseorang melakukan sesuatu hal, tidak jarang hal tersebut tidak sesuai dengan memori atau informasi yang tertanam dalam pikiran bawah sadarnya. Misalnya seseorang yang berencana berngkat ke kantor pada pagi hari, ketika dia bangun ia merasa masih mengantuk dan lebih memilih untuk menikmati tidur pada pagi hari dibanding untuk berngkat ke kantor. Walaupun ia tahu betul bahwa berangkat ke kantor sebenarnya lebih penting Namun pikiran bawah sadarnya lebih mendominasi dan mensabotase pikiran sadarnya karena merasa jauh lebih nikmat untuk melanjutkan tidurnya.
Contoh lain seseorang yang berencana memutuskan untuk lepas dari kebiasaan merokok, sering kali yang kita lihat orang tersebut sulit sekali untuk keluar dari kebiasaan tersebut karena merasa dirinya sudah kecanduan dan terlanjur senang  dan menikmati kebiasaaan merokok sehingga berat untuk berhenti.
Mari kita telaah bersama-sama, pada contoh ini informasi yang diberikan ke pikiran bawah sadarnya adalah “lebih nikmat merokok” dibanding untuk lepas dari kebiasaan merokok. Disinilah letak pengaruh pikiran bawah sadar yang luar biasa, walaupun ia tahu bahaya merokok namun pikiran bawah sadarnya lebih memilih untuk menikmati merokok sebagai suatu kebutuhan.

# Cara Komunikasi yang efektif dengan Pikiran Bawah sadar
Tentu dengan memahami komunikasi yang tepat dan efektif agar informasi yang masuk ke pikiran bawah sadar dapat menjadi program yang dapat memberdayakan hidup kita. Ada 5  cara berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar sebagai berikut :
  • Repetisi (Pengulangan)
Segala sesuatu yang diulang-ulang secara konsisten pada akhirnya tertanam di pikiran bawah sadar contohnya belajar sepeda, iklan di TV,  dll.
  • Identifikasi Kelompok
    Keluarga adalah contoh sederahan bagaimana kita memodel kebiasaan dari kecil melalui pikiran bawah  sadar misalnya kita diajari makan dengan tangan kanan, mengucapkan terima kasih dll
  • Ide dari figure yang dipandang memiliki otoritas
Menariknya pikiran bawah sadar kita dengan mudah menyerap apapun yang diinformasikan oleh seseorang yang kita hormati atau kagumi, misalnya figure seorang orang tua, guru atau tokoh.
  • Emosi yang intens
Segala sesuatu yang disertai emosi yang intens akan sangat membekas dipikiran bawah sadar kita. Peristiwa di masa lalu bisa berupa hal yang membuat kita trauama atau sesuatu yang membahagiakan. misalnya Pobia, trauma, wisuda, pernikahan dll.
  • Hipnosis
Hipnosis merupakan cara komunikasi yang paling efektif dan cepat untuk menyampaiakn suatu  informasi masuk ke pikiran sadar dan langsung ke pikiran bawah sadar tanpa melalui critical area .
Dengan Teknik komunikasi yang sederhana  , kita dapat mengistrahatkan peran pikiran sadar untuk sementara sehingga informasi langsung menjangkau pikiran bawah sadar. Dengan kata lain pikiran sadar tidak menjalankan tugasnya dan cenderung pasif. Disinilah kekuatan sugesti yang  bisa Sembilan kali lebih kuat dari situasi  biasa yang melewati pikiran sadar. Hipnosis memungkinkan kita dapat melakukan dan melepaskan program-program negative dan pemograman kembali (reprogramming)  dengan program yang positif yang jauh lebih efektif dan cepat dibanding pada saat kondisi normal.

   Dalam hidup kita perlu upaya-upaya dari dalam diri untuk memberdayakan, mendorong hidup kita untuk jauh lebih baik, lebih bersemangat  dalam memkanai hidup ini. Dengan memahami mekanimse (cara kerja pikiran) tentunya akan mengarahkan tindakan kita yang memberdayakan hidup kita. Kita dapat memanfaatkannya dengan melakukan selfempowering melalui pemograman bawah sadar untuk membangun motivasi dan kepercayaan diri, melepaskan emosi-emosi negative dan juga menanamkan sikap hidup positif dalam hidup, dll.

   Oiya beberapa waktu lalu saya menulis catatan tentang  “ Teknik Terapi Sederhana Bagaimana Melepaskan Emosi-emosi negative”.  Bila anda belum membacanya silahkan "mampir" heheh , ....
linknya: https://www.facebook.com/notes/ifran-rapegawi/teknik-terapi-sederhana-bagaimana-melepaskan-emosi-negatif/10151526627491137

   Nah terakhir bagi anda yang tertarik untuk belajar dan menyelami lebih dalam dunia pemberdayaan diri termasuk mempelajari hipnosis, anda bisa belajar dengan mengikuti pelatihannya di berbagai kota , saat ini begitu banyak lembaga yang membuka kelas-kelas pelatihan. Saran saya pilihlah lembaga pelatihan yang betul-betul berkualitas, berpengalaman, profesional dan bersertifikasi tentunya.  Di lembaga kami, Lingkar Sinergi Institute yang bekerjasama dengan The Indonesian Board of Hypnotherapy (IBH) anda bisa mengikuti kelas Hipnosis dan Hipnotherapi selama dua hari yang menjadikan anda sebagai praktisi hypnosis dan bersertifikasi dari lembaga Hypnotherapi terbesar di Indonesia. 

Demikian, selamat menyelami dan memberdayakan pikiran anda…

Semoga Bermanfaat..

_/\_

Ifran Rapegawi, ....menetap di Palu

- Founder Lingkar Sinergi Institute
- Instructur & Hypnotherapist from The Indonesian Board of Hypnotherapy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar